• Minggu, 29 Januari 2023

Hore! Ternyata vape tidak menyebabkan ganguan pertahanan gusi

- Rabu, 7 Desember 2022 | 14:28 WIB

 

PORTALREPUBLIK.COM - Selama ini rokok tembakau maupun rokok elektrik selalu dikambinghitamkan atas beberapa masalah kesehatan.

Namun sebuah penelitian terbaru membuktikan kalau vape ternyata tidak seberbahaya yang diduga sebelumnya.

Disebutkan, penggunaan vape ternyata tidak menyebabkan gangguan pertahanan gusi.

Berdasarkan hasil kajian klinis "Respon Gusi Pada Pengguna Vape Saat Mengalami Peradangan Gusi Buatan (Gingivitas Experimental)" yang dilakukan akademisi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, Bandung, yakni Amaliya, Agus Susanto, dan Jimmy Gunawan disebutkan bahwa pengguna vape memperlihatkan fungsi pertahanan gusi yang normal terhadap bakteri plak gigi dibandingkan pada perokok yang tidak beralih.

Amaliya, anggota tim peneliti pada Rabu menjelaskan bahwa penelitian itu melibatkan 15 responden berusia 18-55 tahun yang dibagi ke dalam tiga kelompok dengan distribusi gender tidak merata.

Kelompok pertama adalah perokok dengan masa konsumsi rokok minimal satu tahun. Kelompok kedua adalah pengguna vape yang telah beralih dari rokok dengan masa penggunaan vape minimal satu tahun.

Adapun kelompok terakhir adalah non-perokok atau bukan pengguna produk tembakau yang dijadikan sebagai acuan hasil penelitian.

"Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pengguna vape yang telah beralih dari merokok menunjukkan perbaikan kualitas gusi yang dibuktikan dengan fungsi pertahanan gusi yang sama seperti yang dialami non-perokok. Artinya, (setelah beralih) kondisi pertahanan gusinya kembali normal,” kata Amaliya.

Amaliya melanjutkan peradangan gusi merupakan mekanisme pertahanan dalam merespon plak bakteri yang menempel di permukaan gigi.

Halaman:

Editor: Mendhy E Paputungan

Sumber: Antaranews

Tags

Terkini

Ini arti mimpi hamil di luar nikah, ternyata positif!

Kamis, 15 Desember 2022 | 17:23 WIB

Anak anda demam? Coba berikan 7 makanan ini di rumah

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:44 WIB

5 cara bagi ibu hamil mengatasi stres

Sabtu, 3 Desember 2022 | 18:45 WIB

Terpopuler

X