• Rabu, 7 Desember 2022

Apa itu tes IQ dan manfaatnya untuk anak?

- Kamis, 24 November 2022 | 19:30 WIB
Mengenal tes IQ untuk anak (StartupStockPhotos)
Mengenal tes IQ untuk anak (StartupStockPhotos)

PORTALREPUBLIK.COM - Tes IQ adalah pemeriksaan untuk mengukur tingkat intelegensi atau kecerdasan seseorang secara umum, yang hasilnya kemudian dibandingkan dengan nilai rata-rata yang telah tersedia.

Tes intellectual quotient dapat membantu dokter dalam mendiagnosis disabilitas intelektual atau mengukur potensi intelektual seseorang

Sebagai informasi, ada sebuah organisasi bernama Mensa yang merupakan kumpulan orang-orang yang memiliki IQ tinggi.

Di balik istilah IQ

Istilah IQ sendiri diciptakan oleh psikolog William Stern pada tahun 1912 dalam kaitannya dengan istilah Jerman Intelligenzquotient.

Pada saat itu, IQ direpresentasikan sebagai rasio usia mental terhadap usia kronologis x 100, dan jika seorang individu berusia 10 tahun memiliki usia mental 10, IQ mereka akan menjadi 100.

Namun, jika usia mental mereka lebih besar dari usia kronologis mereka (misalnya, 12 daripada 10), maka IQ mereka akan menjadi 120.

Demikian pula sebaliknya, jika usia mental mereka lebih rendah dari usia kronologis mereka, IQ mereka akan lebih rendah dari 100.

Tes IQ sendiri dirancang untuk mengukur kecerdasan yang 'mengkristal' dan 'cair' atau crystallized intelligence dan fluid intelligence.

Halaman:

Editor: Mendhy E Paputungan

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

Anak anda demam? Coba berikan 7 makanan ini di rumah

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:44 WIB

5 cara bagi ibu hamil mengatasi stres

Sabtu, 3 Desember 2022 | 18:45 WIB
X