• Rabu, 7 Desember 2022

Wajib diketahui orang tua, daya tahan tubuh anak sangat tergantung pencernaannya

- Selasa, 1 November 2022 | 14:09 WIB
Saluran pencernaan penting untuk kesehatan anak (pixabay.com/bodymybody)
Saluran pencernaan penting untuk kesehatan anak (pixabay.com/bodymybody)

PORTALREPUBLIK.COM - Sering diabaikan para orang tua, namun ternyata kesehatan pencernaan seorang anak adalah faktor penting dalam daya tahan tubuh mereka.

Saluran pencernaan itu tempatnya penyerapan nutrisi, apa yang kita makan, apa yang kita konsumsi semuanya akan disalurkan ke seluruh tubuh oleh usus.

Jika usus tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan, sel-sel dalam tubuh akan mati atau tidak bertumbuh, termasuk sel kekebalan tubuh.

Pencernaan yang juga disebut 'otak' nomor dua ini bila fungsinya terganggu, anak jadi sakit, berat badan seret, tidak mau makan.

Saluran pencernaan juga erat hubungannya dengan perkembangan otak anak, jika penyerapan dalam usus tidak maksimal, kebutuhan nutrisi pada seluruh organ tubuh juga akan terganggu, termasuk sel dalam otak.

Akibatnya, ada gangguan dalam tumbuh kembang, telat bicara, perkembangan motoriknya, seperti berjalan, berdiri dan duduk akan terhambat, serta berkurangnya konsentrasi.

Dan karena faktor lingkungan tidak bisa diubah untuk menjaga anak terpapar virus dan penyakit, sehingga sistem imun harus dibangun dari dalam tubuh.

Untuk membangun kekebalan dari dalam tubuh, salah satunya dengan pemenuhan nutrisi.

Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh harus lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral agar terserap dengan baik dan dapat membentuk sel-sel kekebalan tubuh.

Halaman:

Editor: Mendhy E Paputungan

Tags

Terkini

Anak anda demam? Coba berikan 7 makanan ini di rumah

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:44 WIB

5 cara bagi ibu hamil mengatasi stres

Sabtu, 3 Desember 2022 | 18:45 WIB
X