• Selasa, 6 Desember 2022

Penting! ayah dan ibu jangan tertipu hoax air tajin bisa gantikan susu

- Selasa, 1 November 2022 | 07:40 WIB
hoax air tajin bisa gantikan susu (Alodokter)
hoax air tajin bisa gantikan susu (Alodokter)

PORTALREPUBLIK.COM - Sudah jadi kebiasaan hampir semua orang sepuh di Indonesia untuk memberikan air tajin sebagai asupan bagi bayi.

Secara medis hal tersebut tidaklah salah, namun ketika menganggap air tajin sangat menyehatkan bagi anak, bahkan dinilai kandungannya setara susu, maka itu adalah hoax.

Air tajin berasal dari proses memasak nasi, yang artinya kandungan didalamnya hampir sama persis dengan nasi, yaitu mayoritas karbohidrat.

Ahli kesehatan menyebutkan, air tajin mengandung gizi yang berbeda dibandingkan susu, terlebih susu yang difortifikasi alias sudah mendapat tambahan zat gizi mikro tertentu.

Bila anak hanya diberikan air tajin, zat gizi yang ia dapatkan hanyalah karbohidrat tanpa tambahan asupan gizi lain yang dibutuhkan untuk perkembangan anak.

Kalau susu, terutama yang sudah difortifikasi, mengandung berbagai zat gizi mikro, jadi tidak bisa (digantikan) pakai air tajin.

Selain itu, lencernaan anak juga lebih sensitif dibandingkan orang dewasa sehingga rentan terhadap benda asing, termasuk air tajin apalagi bila aspek kebersihannya tidak diperhatikan.

Walau di tajin ada kandungan nutrisi bawaan, tapi itu bukan yang dibutuhkan paling prioritas bagi anak.

Orangtua harus memberikan nutrisi yang lebih pas, seperti makanan bergizi yang mengandung lauk pauk, sayur, buah serta susu sebagai tambahan.

Halaman:

Editor: Mendhy E Paputungan

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

Anak anda demam? Coba berikan 7 makanan ini di rumah

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:44 WIB

5 cara bagi ibu hamil mengatasi stres

Sabtu, 3 Desember 2022 | 18:45 WIB
X