• Senin, 3 Oktober 2022

Ibu Hamil Harus Hindari Asap Rokok Karena Berefek Menghalangi Perkembangan Janin

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 10:30 WIB
Ilustrasi asap rokok berpengaruh pada pertumbuhan janin (pixabay.com/tangkapan layar)
Ilustrasi asap rokok berpengaruh pada pertumbuhan janin (pixabay.com/tangkapan layar)

PORTALREPUBLIK.COM - Menjaga kesehatan bagi ibu hamil adalah kewajiban. Ibu yang sedang hamil bukan hanya menjaga diri sendiri, tapi ada janin dalam kandungan yang perlu dapat perhatian.

Hal-hal disekitar harus selalu diperhatikan ibu hamil, bila ada hal yang bisa mempengaruhi dengan buruk, misalnya asap rokok.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa asap rokok berpengaruh buruk bagi kesehatan manusia.

Efek buruk juga akan dirasakan ibu hamil dan janin yang terpapar asap rokok.

Terbaru, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menekankan bahwa paparan asap rokok dapat mempengaruhi perkembangan janin yang ada dalam kandungan menjadi terganggu pertumbuhannya.

“Pengaruh rokok itu terbukti, semua sepakat dari hasil katakanlah meta analisa atau statistika review. Itu semua menunjukkan bahwa pengaruh rokok adalah janin tumbuh lambat. Secara ilmiah antara rokok dan pertumbuhan janin, ini sudah terbukti dan sangat signifikan,” kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Hasto menuturkan ibu hamil yang terpapar atau mengkonsumsi rokok, akan menjadi seorang perokok pasif yang mempengaruhi jalannya distribusi nutrisi ataupun oksigen yang ada pada janin dalam kandungan.

Hal itu akan memperbesar kemungkinan terjadinya kekerdilan pada anak (stunting), karena bayi bisa lahir dalam kondisi prematur ataupun berat badan lahir rendah (BBLR) yang merupakan faktor-faktor penyebab stunting.

Data Riskesdas 2018 menyebutkan sebanyak 22,6 persen bayi lahir dalam keadaan panjang badan kurang dari 48 centimeter dan 29,5 persen lahir prematur.

Halaman:

Editor: Mendhy E Paputungan

Sumber: Antaranews

Tags

Terkini

Ini Tiga Sayur Terbaik Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 18:12 WIB

Kenali Beragam Manfaat Buah Anggur Untuk Ibu Hamil

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:50 WIB
X