• Senin, 3 Oktober 2022

Bagi Ibu Hamil dan Janin, Kopi Punya Efek Buruk Ini

- Senin, 11 Juli 2022 | 13:30 WIB
Ilistrasi ibu hamil (pixabay.com/Marjonhorn)
Ilistrasi ibu hamil (pixabay.com/Marjonhorn)

 

PORTALREPUBLIK.COM - Kembali sebuah penelitian mengaitkan antara konsumsi kopi oleh ibu hamil dan bayi yang lahir dalam kondisi berat badan kurang.

Disebutkan bahwa bahkan hanya dengan konsumsi kopi dalam jumlah sedikit sudah bisa memberi efek pada janin dalam kandungan.

Dan jumlah setengah gelas per hari sudah cukup menyebabkan terhambatnya petumbuhan janin dalam kandungan.

Perempuan hamil yang mengkonsumsi rata-rata 50 mg kafein per hari, melahirkan bayi 2,3 ons lebih ringan daripada bayi yang ibunya tidak mengkonsumsi kopi selama masa hamil.

"Jumlah itu sebagian kecil dari batas konsumsi kafein harian yang saat ini direkomendasikan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) dan World Health Organization (WHO)," kata ketua peneliti Jessica Gleason dari Institut Kesehatan Anak dan Perkembangan Manusia AS.

"ACOG merekomendasikan agar perempuan hamil membatasi konsumsi kafein mereka hingga kurang dari 200 miligram sehari dan WHO menyarankan kurang dari 300 miligram setiap hari," kata Gleason.

Disadur portalrepublik.com dari artikel ayobandung.com berjudul, "Dampak Negatif konsumsi Kopi saat Hamil, Bahayakan Janin!"

Hasil penelitian ini menemukan bahwa bahkan pada tingkat yang lebih rendah pun, kopi bisa berpengaruh pada ukuran lahir bayi.

Kami selalu menganjurkan para perempuan untuk mendiskusikan konsumsi kafein mereka dengan dokter," tambah Gleason.

Halaman:

Editor: Mendhy E Paputungan

Tags

Terkini

Ini Tiga Sayur Terbaik Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 18:12 WIB

Kenali Beragam Manfaat Buah Anggur Untuk Ibu Hamil

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:50 WIB
X