• Rabu, 7 Desember 2022

Cukup Gampang, Begini Cara Membuat Pupuk Organik dari Kulit Pisang

- Kamis, 3 Februari 2022 | 08:00 WIB
Ilustrasi kulit pisang (Foto:PortalRepublik/pixabay)
Ilustrasi kulit pisang (Foto:PortalRepublik/pixabay)

PORTAL REPUBLIK -  Pisang adalah salah satu buah yang sering dikonsumsi sehari-hari. Kulit pisang tidak jarang menjadi sampah organik yang biasanya terbuang begitu saja.

Buah pisang merupakan salah satu buah tropis yang sangat lazim ditemukan di Indonesia. Pisang tidak hanya dikonsumsi secara mentah, namun dapat dikreasikan menjadi makanan yang beragam.

Baca Juga: Simak Manfaat dari Kembang Sepatu, Serta Cara Menggunakannya untuk Kesehatan Rambut

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian, dengan beragam manfaatnya, limbah kulit pisang menjadi permasalahan tersendiri. Kulit pisang yang tidak segera ditimbun atau dibuang akan memunculkan bau tidak sedap.

Oleh karena itu, saat ini mulai banyak dilakukan penelitian dan juga pengembangan mengenai pengolahan kulit pisang. Salah satunya penemuan terkait potensi kebermanfaatan kulit pisang sebagai pupuk organik.

Pupuk organik merupakan pupuk yang diolah dengan menggunakan bahan-bahan organik atau tanpa menggunakan bahan kimia sama sekali.

Baca Juga: Selain Bisa Bikin Bau Mulut, Ini 6 Bahaya Makan Jengkol Terlalu Banyak

Manfaat pupuk organik dari kulit pisang Dengan memanfaatkan pupuk organik dari kulit pisang, para petani atau yang merawat tanaman akan mendapatkan berbagai manfaat yang beragam.

Kulit pisang juga memiliki kandungan potasium yang sangat tinggi sehingga membantu dalam membentuk bunga yang lebih besar dan cerah. Kandungan kalium pada kulit pisang kering sekitar 42 persen.

Kalium merupakan salah satu unsur hara mikronutrien yang berfungsi untuk meningkatkan pembungaan dan juga menguatkan perakaran tanaman.

Halaman:

Editor: R Maulana Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anak anda demam? Coba berikan 7 makanan ini di rumah

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:44 WIB

5 cara bagi ibu hamil mengatasi stres

Sabtu, 3 Desember 2022 | 18:45 WIB
X