• Sabtu, 2 Juli 2022

5 Penyebab Mata Gatal Serta Cara Mengatasinya yang Tepat Tanpa Membahayakan

- Rabu, 26 Januari 2022 | 19:14 WIB
Ilustrasi mata (Foto:PortalRepublik/pixabay)
Ilustrasi mata (Foto:PortalRepublik/pixabay)

PORTAL REPUBLIK – Mata kamu sering merasa gatal? Ketika merasa gatal di daerah mata, jangan asal mengucek atak menggaruknya ya, karena itu cara yang salah.

Penyebab mata gatal perlu dikenali setiap orang. Pasalnya, penyebab mata gatal bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kebiasaan sehari-hari hingga kondisi medis tertentu. Mata gatal bisa terasa di tengah, ujung, atau pinggir kelopak mata.

Mata gatal atau pruritus okular biasanya menimbulkan ketidak nyamanan, sehingga kebanyakan orang langsung mengatasinya dengan mengucek mata.  Namun, mengucek sebenarnya tak baik untuk mata.

Penyebab mata gatal bisa karena benda asing, iritasi, atau alergi. Namun, jika gatal pada mata disertai gejala lain seperti mata merah atau bengkak, maka kamu perlu waspada.

Mengetahui penyebab mata gatal dapat membantumu menemukan perawatan yang tepat tanpa membahayakannya. 

Lantas berikut ini penyebab mata gatal yang dikutip dari laman liputan 6

  1. Sindrom mata kering

Penyebab mata gatal yang pertama adalah sindrom mata kering. Ketika mata kekurangan kelembapan dan pelumasan, mata kering dapat terjadi. Mata kurang terlindungi dan lebih sensitif terhadap debu atau partikel udara lainnya. Jika mata kering terus dibiarkan, hal ini akan menyebabkan peradangan dan jaringan parut. Mata yang kering cenderung memiliki kadar air mata yang rendah.

Ini bisa menimbulkan gatal. Jangan mengucek begitu saja mata yang kering. Mengucek mata yang kering justru akan mengiritasi mata dan menyebabkan masalah baru. Salah satu penyebab umum mata kering adalah semakin tua. Kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes dan rheumatoid arthritis juga dapat menyebabkan mata kering.

  1. Blepharitis

Blepharitis umumnya terjadi ketika kelenjar minyak kecil di dekat pangkal bulu mata menjadi tersumbat, menyebabkan iritasi dan kemerahan. Blepharitis dapat menyebabkan mata merah dan gatal. Blepharitis biasanya tidak menyebabkan kehilangan penglihatan, tetapi bisa menjadi masalah kronis yang mengarah pada konjungtivitis dan komplikasi lainnya. Antibiotik dan obat anti-inflamasi mungkin diperlukan.

Halaman:

Editor: Ilham N. Karim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Tanda Hamil Yang Sering Diabaikan Ibu

Senin, 27 Juni 2022 | 12:21 WIB

Ayah, Jauhkan Ibu Hamil Dari Asap Rokok

Minggu, 26 Juni 2022 | 17:58 WIB

Janin Tidak Suka Ibu Hamil Lakukan Ini

Sabtu, 25 Juni 2022 | 18:18 WIB

Tiga Kandungan Utama Dalam Alpukat Untuk Ibu Hamil

Selasa, 21 Juni 2022 | 07:31 WIB
X