• Sabtu, 2 Juli 2022

Waspada! Kenali 4 Gejala Darah Rendah Beserta Bahayanya

- Selasa, 25 Januari 2022 | 08:07 WIB
Ilustrasi darah rendah (Foto:PortalRepublik/pexels)
Ilustrasi darah rendah (Foto:PortalRepublik/pexels)

PORTAL REPUBLIK - Darah rendah atau hipotensi adalah kondisi ketika tekanan darah berada kurang dari 90/60 mmHg, sedangkan tekanan darah normal untuk orang dewasa adalah 120/80 mmHg.

Kondisi darah rendah umumnya menimbulkan gejala berupa pusing, mual dan muntah, tubuh terasa lemas, pandangan buram, dan sesak napas.

Hipertensi dapat terjadi karena beberapa faktor, termasuk pertambahan usia dan keturunan. Selain itu, kehamilan, infeksi, dehidrasi, penyakit jantung, pendarahan, dan konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan hipotensi.

Apabila tekanan darah rendah dibiarkan tanpa penanganan atau tidak dikontrol dengan baik, kondisi ini tak jarang menimbulkan komplikasi berbahaya bagi penderitanya.

Namu jangan di sepelekan, Ada beberapa bahaya darah rendah dikutip dari alodokter yang dapat terjadi akibat komplikasi, di antaranya:

1. Penyakit jantung

Hipotensi ortostatik ringan umumnya hanya berlangsung selama beberapa menit. Jika terlalu sering terjadi, kondisi ini dapat memicu masalah pada jantung, seperti gagal jantung, gangguan irama jantung, dan bahkan serangan jantung.

Tekanan darah yang rendah dapat menurunkan kemampuan jantung untuk memompa darah. Apabila tidak segera dilakukan pengobatan, kondisi ini bisa memicu penurunan fungsi organ jantung dan berakhir menjadi penyakit jantung.

2. Stroke

Selain memicu penyakit jantung, tekanan darah rendah berisiko tinggi menyebabkan stroke. Kondisi ini terjadi ketika kurangnya suplai aliran darah ke otak, sehingga sel otak dapat mengalami kerusakan dan menyebabkan fungsi otak terganggu.

Stroke umumnya dapat menimbulkan gejala atau tanda, seperti satu sisi anggota tubuh melemah, ucapan tidak jelas, satu sisi wajah tidak dapat digerakkan, hilangnya penglihatan secara tiba-tiba, penurunan kesadaran, dan sakit kepala yang hebat.

Halaman:

Editor: Ilham N. Karim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Tanda Hamil Yang Sering Diabaikan Ibu

Senin, 27 Juni 2022 | 12:21 WIB

Ayah, Jauhkan Ibu Hamil Dari Asap Rokok

Minggu, 26 Juni 2022 | 17:58 WIB

Janin Tidak Suka Ibu Hamil Lakukan Ini

Sabtu, 25 Juni 2022 | 18:18 WIB

Tiga Kandungan Utama Dalam Alpukat Untuk Ibu Hamil

Selasa, 21 Juni 2022 | 07:31 WIB
X