• Selasa, 6 Desember 2022

Viral Jualan Online Kena Pajak, Begini Aturan Pajak Olshop

- Senin, 29 November 2021 | 16:38 WIB
Ilustrasi online shop (Foto:PortalRepublik/pexels)
Ilustrasi online shop (Foto:PortalRepublik/pexels)


PORTAL REPUBLIK - Saat ini banyak wirausaha yang menjual dagangannya melalui media online. Seperti diketahui belakangan ini, surat dari kantor pajak kepada pelaku pedagang online di e-commerce menjadi perbincangan warganet.

Sebuah unggahan berisi informasi mengenai adanya seller (penjual) di salah satu e-commerce disebut mendapat tagihan pajak hingga Rp 35 juta, viral di media. Penjual tersebut, disebut-sebut juga belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan tidak membayar pajak selama 2 tahun.

"Yang udah berjualan dan baru dagang onlen, ingat kalo ada pajak. Ternyata selama ini data transaksi seller sopi diterima oleh kantor pajak, gatau kalo mp lain, kayaknya sih iya juga. Doi belum punya NPWP, 2 tahun ga bayar pajak kena 35 juta," tulis akun Twitter @TXT OLCOP.

Baca Juga: DP3A Kabupaten Bekasi Adakan Pembinaan Kader PKK, Jadikan Teri Kulit Melinjo dan Manisan Salak Terasa Istimewa

Baca Juga: Mau Ngemil yang Beda dari Biasanya? Resep Hotteok, Camilan Pancake Khas Korea

Selain itu, unggahan dilengkapi dengan tangkapan layar akun Facebook yang menceritakan kronologi kejadian penjual tersebut diminta membayar pajak, dan salah satu temannya yang mengalami nasib yang sama dengan besar tagihan mencapai Rp 35 juta pada akun e-commerce-nya.

Twit tersebut juga menampilkan wadah surat berwarna cokelat dari Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, twit itu sudah diretwit sebanyak 5.940 kali dan disukai sebanyak lebih dari 21.000 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Menanggapi hal tersebut Direktorat Jenderal Pajak melalui akun Instagram resminya @ditjenpajakri pun menjelaskan, setiap pelaku perdagangan online atau UMKM tak terlepas dari kewajiban membayar pajak, selama ia memenuhi kriteria secara subjektif dan objektif.

"Eits jangan salah, jualan online tetap kena pajak kalau memenuhi kewajiban subjektif dan objektif," tulis unggahan DJP.

Baca Juga: Jangan Panik! Berikut Cara Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air

Halaman:

Editor: Hamiarso Tri Kurniadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anak anda demam? Coba berikan 7 makanan ini di rumah

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:44 WIB

5 cara bagi ibu hamil mengatasi stres

Sabtu, 3 Desember 2022 | 18:45 WIB
X