• Jumat, 21 Januari 2022

Fenomenal, Ramalan Jayabaya Tahun 2022 untuk Indonesia, Akankah Bernasib Baik atau Sebaliknya?

- Jumat, 26 November 2021 | 10:09 WIB
Prabu Jayabaya (Foto : Portal Republik/YouTube @SI MIMEN)
Prabu Jayabaya (Foto : Portal Republik/YouTube @SI MIMEN)

 

PORTAL REPUBLIK - Ramalan Jayabaya tahun 2022 untuk Indonesia telah ditulis di beberapa sumber pustaka yang diyakini muncul pada sekitar tahun 1618 saat Sunan Giri Perapan menulis Kitab Musarar (Asrar).

Ramalan Jayabaya tahun 2022 untuk Indonesia akan bernasib baik dan dipercaya banyak kalangan menjadi tahun keemasan bagi Indonesia.

Ramalan Jayabaya atau sering disebut Jangka Jayabaya merupakan ramalan dalam tradisi di tanah Jawa serta dianggap cukup sakral.

Jayabaya adalah seorang Raja Kediri (terletak di Jawa Timur) yang berkuasa sekitar tahun 1135 hingga 1157 masehi.

Pada masa kepemimpinanya, dunia sastra Jawa Kuno mengalami masa keemasan, seperti saat ia meminta Empu Panuluh dan Empu Sedah menyadur cerita Mahabarata Sansekerta ke dalam kakawin Jawa Kuno Bharatayudha.

Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno pernah mengutip ramalan Jayabaya saat menyampaikan pledoi di hadapan pengadilan Belanda di Bandung pada 2 Desember 1930.

Saat itu Bung Karno sapaan akrabnya menjadi Pemimpin Redaksi Pikiran Rakyat yang dituduh makar terhadap pemerintah kolonial Belanda.

Dalam pledoinya Bung Karno menyebut bahwa rakyat Indonesia saat itu tengah menunggu Ratu Adil sebagaimana diramalkan Jayabaya.

Banyak kalangan yang mempercayai ramalan Jayabaya yang salah satunya berisi tentang sosok Ratu Adil dan diyakini menjadi salah satu pemicu semangat rakyat untuk mengusir penjajah Belanda.

Halaman:

Editor: Ilham N. Karim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X