• Jumat, 21 Januari 2022

Jangan Khawatir, Berikut Cara Mudah Menenangkan Bayi yang Menangis

- Selasa, 23 November 2021 | 12:58 WIB
Bayi (Foto PortalRepublik/Pixabay)
Bayi (Foto PortalRepublik/Pixabay)

PORTAL REPUBLIK – Jika bayi sedang sakit atau rewel biasanya orang tua bingung bagaimana cara agar bayi tidak menangis terlalu lama.

Bayi menangis bisa disebabkan oleh berbagai hal. Menangis juga cara bayi berkomunikasi untuk menyampaikan rasa tidak nyaman atau saat ia membutuhkan sesuatu.

Frekuensi bayi menangis akan memuncak dalam 7 minggu pertama setelah dilahirkan.

Berikut cara mudah menenangkan bayi yang menangis.

  1. Mengayun tubuh bayi

Mengayun tubuh bayi akan membuat bayi merasa lebih tenang. Orang tua dapat bergoyang dan menggerakkan tubuh secara perlahan sambil mengajaknya berbicara untuk memberikan rasa tenang.

  1. Menggendong dalam posisi telungkup

Menggendong bayi di bahu dengan posisi telungkup bisa membuat ia merasa lebih nyaman.

Namun, menggendong bayi dan memposisikan tubuhnya dalam posisi tersebut hanya boleh dilakukan saat bayi terus-menerus menangis. Saat ia dalam kondisi tenang, selalu posisikan tubuhnya dalam posisi telentang.

  1. Mengusap tubuh bayi dengan lembut

Usapan di punggung dan pijatan lembut bisa merangsang otak dan saraf bayi, sehingga ia merasa lebih nyaman dan tenang. Bisa menggunakan minyak telon yang aman untuk kulit bayi, apabila usianya sudah di atas 1 bulan. Kandungan minyak kayu putih di dalam minyak telon dapat memberikan sensasi hangat.

  1. Menyelimuti bayi dengan kain

Menyelimuti tubuh bayi dengan kain merupakan salah satu cara yang efektif untuk menenangkan bayi. Cara ini dipercaya bisa memberikan efek seakan-akan bayi sedang berada di dalam rahim ibunya. Cara ini juga dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak, karena dapat menekan refleks kejut yang sering kali dialami bayi saat tidur.

Halaman:

Editor: Ilham N. Karim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X