Ayah dan Ibu, Mari Kenali Faktor Penyebab Kesuburan Terganggu Berikut Ini

- Kamis, 1 Juni 2023 | 21:30 WIB
Ayah dan ibu, ini faktor penyebab kesuburan terganggu (pixabay.com/Olessya)
Ayah dan ibu, ini faktor penyebab kesuburan terganggu (pixabay.com/Olessya)

PORTALREPUBLIK.COM - Ayah dan ibu kemungkinan besar sudah tahu bahwa kesuburan bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, diantaranya asupan nutrisi dan pola hidup sehat. Selain itu, ada faktor lain yang bisa mempengaruhi kesuburan.

Kesuburan pada dasarnya bisa disebabkan baik oleh male factor ataupun female factor. Baik ayah ataupun ibu masih tetap dinyatakan subur sampai dirinya terbukti tidak subur secara medis, yang artinya baru bisa dibuktikan jika sudah melakukan hubungan seks rutin dua sampai tiga kali seminggu selama setahun tapi tidak memiliki keturunan.

Kemudian, masalah yang bisa mempengaruhi kesuburan bisa terjadi di pria ataupun wanita, atau pada keduanya sekaligus, jadi belum tentu hanya dari salah satu pihak.

Contoh masalah kesuburan male factor adalah sperma pria yang bermasalah, misalnya spermanya rusak. Sedangkan penyebab female factor misalnya gangguan di tuba falopi ibu.

Faktor kesuburan bisa juga karena ovulasi dan saluran tuba falopi (tubal factor) yang terjadi pada ibu. Pada faktor ovulasi, penting bagi ibu untuk rutin memantau waktu ovulasi atau menentukan masa subur.

Ketika ibu sudah menemukan masa subur, anda dan suami bisa menjadwalkan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual. Namun bila ibu tidak juga ovulasi, segeralah berkonsultasi pada dokter kandungan untuk mengetahui penyebabnya.

Pada tubal factor, ibu harus memiliki saluran tuba falopi yang berfungsi dengan baik, ini karena faktor saluran tuba falopi menjadi 35 persen dari penyebab masalah infertilitas.

Ibu bisa melakukan cek X-ray khusus yang disebut hysterosalpingogram (HSG) untuk mengevaluasi saluran tuba fallopi dan juga rahim, dan bila hasilnya menunjukan ada sumbatan di tuba falopi, dokter biasanya akan merekomendasikan laparoskopi untuk mengetahui seberapa parah tingkat kerusakan tuba falopi.

***

Editor: Any Isrotul Aini

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

Inilah Posisi Bercinta Yang Aman Saat Hamil

Sabtu, 3 Juni 2023 | 21:00 WIB

Seks Saat Hamil, Bolehkah?

Sabtu, 3 Juni 2023 | 18:55 WIB
X