• Jumat, 21 Januari 2022

Menjadi Panglima TNI Pilihan Presiden Jokowi, Begini Profil Jendral Andika Perkasa

- Rabu, 3 November 2021 | 12:48 WIB
Jendral TNI Andika Perkasa (Foto : PortalRepublik/ Instagram @tni_angkatan_darat)
Jendral TNI Andika Perkasa (Foto : PortalRepublik/ Instagram @tni_angkatan_darat)

PORTAL REPUBLIK - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menjatuhkan pilihan pengganti panglima Marsekal Hadi Tjahjanto kepada Kepala Satuan Angkatan Darat (KASAD) yaitu Jendral Andika Perkasa. Hal ini sesuai dengan Surat Presiden kepada DPR yang dihantarkan langsung oleh Menteri Sekertaris Negara Pratikno.

Sebelumnya desas desus pengganti panglima Hadi Tjahjanto menjadi obrolan ditengah publik. Jika Mengikuti aturan suksesi Panglima maka kursi panglima ialah milik matra angkatan Laut. Namun tetap pemilihan Panglima ialah hak preogratif Presiden selaku Panglima Tertinggi.

Untuk lebih mengenal sosok baru di kepimpinan TNI, berikut tim PortalRepublik berikan informasi profil dari Andika Perkasa, Panglima TNI yang akan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto:

Andika Perkasa lahir di Bandung, Jawa Barat, 21 Desember 1964. Andika Perkasa adalah lulusan Akademi Militer pada 1987.

Dalam kehidupan pribadinya, Andika menikah dengan Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono atau yang karib disapa Hetty yang juga anak dari mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal (Purn) Abdullah Mahmud (AM) Hendropriyono.

Selama bertugas menjadi prajurit TNI AD, Andika Perkasa banyak menghabiskan waktunya untuk pendidikan. Dalam kurun waktu 2003 hingga 2011, ia berada di Washington DC, Amerika Serikat untuk memperoleh pendidikan militer.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum, BLT UMKM Cair Rp 1,2 Juta Bulan November 2021? Begini Cara Cek Online BPUM di eform BRI

Baca Juga: Rencana Pembangunan Hunian Mewah Baru Raffi Ahmad, bikin Sule Penasaran

Jendral Andika Perkasa pernah mengenyam pendidikan Strata 1 (S1) jurusan Ekonomi di dalam negeri. Sementara gelar Strata 2 (S2) dan Strata 3 (S3), Andika Perkasa mendapatkannya saat melanjutkan pendidikan ke Amerika Serikat. Tepatnya di The George Washington University, National Defense University, serta Harvard University.

Halaman:

Editor: Hamiarso Tri Kurniadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X