• Senin, 29 November 2021

Memaknai Hari Guru Nasional dengan Menghargai Profesi Guru

- Kamis, 25 November 2021 | 10:47 WIB
Rachmat Ubaidillah.S.Pd  wakil kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah AL  IFADAH (Foto: Twibbonize/Rahmat Ubaidilah)
Rachmat Ubaidillah.S.Pd wakil kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah AL IFADAH (Foto: Twibbonize/Rahmat Ubaidilah)

PORTAL REPUBLIK - Hari Guru Nasional diperingati bersama hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yaitu setiap tanggal  25 November.

Bapak Ustad Rachmat Ubaidillah.S.Pd  wakil kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah AL  IFADAH Penjaringan Jakarta Utara mengatakan memaknai hari guru dengan cara menghargai profesinya.

“Memaknai Hari Guru Nasional  dengan Menghargai  sesuatu yang membuat kita menjadi tahu dan ingin berkembang.  Tugas guru adalah menyampaikan dan membimbing bukan membuat pintar karena yang berhak membuat pintar adalah Tuhan, karena Dia sang pemilik ilmu”, kata Rahmat.

Baca Juga: 12 Link Twibbon Hari Guru Nasional 25 November 2021, Cocok untuk Bagikan di Status Media Sosial

Dalam UU RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Pasal 1 disebutkan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Guru adalah seseorang yang berjasa karena telah membimbing, mendidik, hingga memotivasi setiap hari di sekolah maupun kehidupan seseorang selain ibu dan bapak.

Guru dapat diartikan  sebagai pengetahuan, keterampilan, serta penerapan dimana harus dimiliki oleh guru untuk menjadi pendidik efisien.  Ada dua partikel kunci  secara umum yang menjadi ketentuan  kapabel guru yaitu keterampilan dan pengetahuan.

Baca Juga: Batalkan Pekerjaan, Lisa BLACKPINK Positif Covid-19, Tiga Anggota Tunggu Hasil Tes PCR

Guru adalah orang yang membantu orang lain memperoleh pengetahuan, keterampilan atau nilai. Mengajar adalah aplikasi khusus pengetahuan, keterampilan, dan karakter yang dirancang untuk memberikan layanan ekslusif untuk memenuhi kebutuhan pendidikan individu dan masyarakat.

Kegiatan belajar mengajar diwujudkan di sekolah adalah tanggung jawab profesi guru, memanfaatkan pengetahuan dan pengkajian profesional untuk menanggapi kebutuhan siswa dalam lingkungan pendidikan mereka.

Para guru harus mengenal siswa dengan baik, termasuk latar belakang bahasa, budaya dan agama mereka yang beragam.

Baca Juga: Jadwal Acara ANTV Hari Ini 25 November 2021, Saksikan Serial India Bepannah dan Balika Vadhu 

"Pesan untuk siswa, jangan melupakan apa yang didapat dari guru walaupun itu sedikit atau yang tidak kita sukai“. ucap Rahmat. ***

Editor: Sarno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X