• Senin, 15 Agustus 2022

Kegilaan pada anak !, jangan orang tua pemicunya, Kita perlu tahu...

- Senin, 27 Juni 2022 | 09:40 WIB
Ujian pada anak akan datang seiring perkembangannya, orang tua membantu menguatkan  (Mohammad Julianto )
Ujian pada anak akan datang seiring perkembangannya, orang tua membantu menguatkan (Mohammad Julianto )

 

PortalRepublik.com-Kotamobagu, salah satu Kota di Propinsi Sulawesi Utara ini, terkenal dengan keasriannya, berada tepat dipersimpangan 4 kabupaten tetangga serta saling terkait secara historis. Beberapa hari lalu kembali menjadi buah bibir di media sosial, terutama warga yang terkait, akibat kejadian yang dialami beberapa warga, dirawat hingga kerumah sakit akibat ulah seseorang yang diduga mengalami gangguan kejiwaan atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), korban mulai dari hewan ternak (sapi), anak kecil hingga beberapa orang dewasa bertumbangan. Syukurlah, pelaku telah diamankan oleh aparat penegak hukum, gerak cepat (gercep) yang terkoordinasi antara dinas terkait pada akhirnya berhasil menenangkan warga dan pelaku pun telah diproses sesuai ketentuan yang berlaku.

Memperhatikan kejadian yang memiriskan hati itu, kita patut bertanya mengapa seorang anak bisa mengalami gangguan kejiwaan, apa sebenarnya yang dapat memicu kegilaan pada jiwa anak kita ? mari kita membahasnya.

Dilandsir dari situs resmi kementrian kesehatan republik indonesia Masalah kesehatan jiwa rupanya masih menjadi masalah kesehatan yang belum terselesaikan, terlebih di masa pandemi COVID-19, tentunya kesehatan jiwa menjadi makin berat.

Dalam Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, kita disuguhkan data yang cukup mengejutkan karena lebih dari 19 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional, dan lebih dari 12 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi.

Sebelumnya, pada tahun 2016 melalui Sistem Registrasi Sampel yang dilakukan Badan Litbangkes, kita juga memperoleh data bunuh diri pertahun sebanyak 1.800 orang atau setiap hari ada 5 orang melakukan bunuh diri. Dari data pelaku bunuh diri itu 47,7% korban bunuh diri adalah usia 10-39 tahun, yang merupakan usia anak remaja dan usia produktif.

Data ini, harus membuat para orang tua awas atau lebih cermat dalam mendidik dan pola asuh serta pendidikan anaknya, karena data tersebut menunjukkan bahwa indonesia memiliki prevalensi orang dengan gangguan jiwa sekitar 1 dari 5 penduduk, artinya sekitar 20% populasi di Indonesia itu mempunyai potensi-potensi masalah gangguan jiwa. Presentasi ini amat tinggi. Apalagi tidak semua daerah memiliki fasilitas layanan rumah sakit khusus penderita gangguan kejiawaan, belum lagi ketika kita bicara tentang fasilitas dan tenaga sumber daya pendukungnya.

Agar kita lebih dalam dalam membahas tentang kesehatan jiwa ini, kami merangkumnya dari berbagai artikel agar kita bisa memahami ciri-ciri orang yang akan atau sedang alami gangguan kejiwaan, karena akan berbeda-beda ciri atau gejalanya. Namun, pada umumnya, orang yang mengalami gangguan jiwa dapat dikenali dari beberapa gejala, seperti:

  1. Mengalami perubahan mood yang sangat drastis, misalnya dari sangat sedih menjadi sangat gembira atau sebaliknya dalam waktu singkat
  2. Memiliki rasa takut yang berlebihan
  3. Menarik diri dari kehidupan sosial
  4. Merasa emosional, amarahnya tidak terkendali, dan suka melakukan kekerasan
  5. Mengalami delusi

Tidak jarang, beberapa gejala tersebut juga disertai oleh gangguan fisik, seperti sakit kepala, nyeri punggung, sakit perut, atau nyeri lain yang tidak diketahui sebabnya.

Dari gejala / ciri tersebut, agar bisa dipelajari dan antisipasi sebagai orang tua kita perlu pula mengetahu penyebabnya, dari berbagai sumber kami bisa merangkum setidaknya ada 10 potensi yang bisa menjadi penyebabnya seperti dibawah ini, yuk Ayah dan Bunda dibaca dibaca :

Halaman:

Editor: Mohammad Julianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hamil

Kamis, 11 Agustus 2022 | 09:15 WIB

Jokowi, Ganjar dan Erick Thohir Bersama di CFD Solo

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:35 WIB

Pemerintah Komitmen Penuh Terkait Dana Pemilu 2024

Kamis, 4 Agustus 2022 | 23:12 WIB

Mahfud Tegaskan Tidak Ada Penundaan Pemilu 2024

Selasa, 2 Agustus 2022 | 14:30 WIB

Ibu Yang Sedang Hamil Hindari Empat Cara Duduk Ini

Minggu, 10 Juli 2022 | 12:03 WIB

Diet Saat Hamil Sebabkan Anak Stunting

Kamis, 7 Juli 2022 | 08:23 WIB
X