• Minggu, 28 November 2021

Polri Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa untuk Peringati Hari HAM Sedunia

- Kamis, 25 November 2021 | 09:43 WIB
Polri Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa (Foto:PortalRepublik/Instagram@divisihumaspolri)
Polri Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa (Foto:PortalRepublik/Instagram@divisihumaspolri)

PORTAL REPUBLIK - Divisi Humas Polri menyelenggarakan lomba orasi unjuk rasa. Dalam rangka menyambut Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia 10 Desember 2021 mendatang. 

Lomba tersebut memiliki tema ‘Memperingati Hari Hak Asasi Manusia’ digelar Polri untuk menyambut Hari HAM Sedunia 10 Desember 2021. 

Dalam keterangan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo menjelaskan bahwa lomba Orasi Unjuk Rasa bertujuan memberikan ruang dan wadah kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan ekspresinya. 

“Dalam menyampaikan aspirasi dan ekspresinya sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat cara menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku," kata Dedi dalam keterangan tertulis 

Loma orasi unjuk rasa juga bertujuan untuk menghargai kebebasan berpendapat sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar. 

“Hal itu sebagaimana dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 28 dan UU Nomor 9 Tahun 1998 Tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat Dimuka Umum,” ujar Dedi 

Dedi menyampaikan tema yang diusung adalah 'Memperingati Hari Hak Asasi Manusia'. Sementara, sub tema acara tersebut bersifat bebas, atau dengan kata lain, peserta nantinya dibebaskan untuk menyampaikan orasi dalam bentuk kritik ataupun masukan yang membangun. 

Pendaftaran lomba akan dibuka mulai 25 November hingga 30 November, Pendaftaran gratis di masing-masing Polda. 

Lomba orasi unjuk rasa ini bisa diikuti oleh siapa saja, baik buruh, tani, maupun mahasiswa. Dan harus terdiri dari 5 – 15 orang dalam satu tim. 

Halaman:

Editor: Ilham N. Karim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X