• Senin, 29 November 2021

100 Unit Bus Listrik Transjakarta Akan Hadir Beroperasi di DKI Jakarta Mulai Tahun 2022

- Kamis, 25 November 2021 | 10:08 WIB
Bus Listrik Transjakarta Akan Hadir Beroperasi di DKI Jakarta(Foto:PortalRepublik/Instagram@pt_transjakarta)
Bus Listrik Transjakarta Akan Hadir Beroperasi di DKI Jakarta(Foto:PortalRepublik/Instagram@pt_transjakarta)

PORTAL REPUBLIKSebanyak 100 unit bus listrik transjakarta direncanakan akan beroperasi di DKI Jakarta pada 2022.  

Diungkapkan Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Pulogadung Bangkit Prakoso saat pelatihan uji kir di Pool Bus Mayasari Bakti, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu 24 November 2021.

"Nantinya tahun depan mungkin sudah datang 100 unit bus transjakarta untuk beroperasi di Jakarta," ujar Bangkit kepada wartawan.  

“Sebanyak 40 tenaga penguji kendaraan mengikuti pelatihan uji kir bus listrik. Saya berharap penguji-penguji ini akan mendapat ilmu bagaimana cara menguji mobil (bus) listrik," lanjutnya 

Adapun dalam pelatihan itu, para tenaga penguji diperkenalkan kepada komponen bus TransJakarta berbahan bakar listrik dan cara mengoperasikannya. 

Pelatihan ini disebutkan sangat penting karena pemeriksaan uji kir bus listrik berbeda dengan bus umum yang berbahan bakar solar atau besin. 

Voltase listrik bus TransJakarta mencapai lebih dari 600 volt sehingga jika tidak memahami komponen akan membahayakan keselamatan jiwa bagi penguji kendaraan ini. 

Adapun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebenarnya menargetkan 100 bus listrik transjakarta dapat beroperasi pada tahun ini. 

"DKI Jakarta sendiri, kami berencana tahun ini mulai dengan 100 unit trasjakarta yang menggunakan tenaga listrik," ungkap Anies dalam video yang ditayangkan dalam sebuah diskusi virtual pada 17 Maret 2021.  

Halaman:

Editor: Ilham N. Karim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X