• Minggu, 29 Januari 2023

Tegas! KPK sebut penyelidikan kasus Formula E terus berjalan

- Kamis, 8 Desember 2022 | 11:25 WIB
KPK tegaskan penyelidikan kasus Formula E terus berjalan
KPK tegaskan penyelidikan kasus Formula E terus berjalan

PORTALREPUBLIK.COM - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah isu yang beredar terkait mandeknya perkembangan penyelidikan kasus Formula E.

Ditegaskan Ketua KPK, Firli Bahuri, penyelidikan kasus Formula E terus berjalan sesuai prosedur.

Firli Bahuri juga mengingatkan bahwa pimpinan KPK lainnya, Alexander Marwata sebelumnya juga menegaskan hal yang sama, bahwa penyelidikan Formula E tidak pernah terganggu.

Firli Bahuri mengatakan bahwa prinsip kerja KPK tidak akan pernah terpengaruh dengan kekuasaan manapun, termasuk dalam menyelidiki dugaan korupsi Formula E itu.

"Karena pada prinsip kerja KPK, KPK tidak pernah terganggu dengan kekuasaan manapun, itu undang-undang menyebutkan. Jadi, KPK adalah lembaga negara dalam rumpun eksekutif dan dalam pelaksanaan tugas dan wewenangnya tidak terpengaruh kepada kekuasaan manapun," ujar dia di Gedung Merah Putih, Kamis 8 Dsmesember 2022.

KPK. kata dia, bekerja sebagaimana azas-azas pelaksanaan tugas pokok KPK, yakni demi kepentingan umum, kepastian hukum, keadilan, transparan, proporsionalitas dan tetap menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM).

Oleh karena itu, kata Firli, penyelidikan kasus tersebut memang murni soal penegakan hukum.

"Jadi, tidak ada pengaruh dengan hal-hal, kegiatan-kegiatan lain karena pada prinsipnya apa yang dilakukan KPK, apa yang terjadi di KPK adalah penegakan hukum. Jadi, nanti kalau masalah perkembangannya kami akan sampaikan pada waktunya, tidak untuk sekarang," katanya.

Lebih lanjut, ia menegaskan KPK juga tidak pernah menargetkan seseorang untuk menjadi tersangka. Menurutnya, penetapan seseorang sebagai tersangka harus didasari dengan bukti permulaan yang cukup.

Halaman:

Editor: Mendhy E Paputungan

Tags

Terkini

KPK Geledah Kantor DPRD Jatim dan Bawa Pulang 3 Koper

Selasa, 20 Desember 2022 | 08:08 WIB

Lanjutan kasus Lukas Enembe, KPK sita emas batangan

Kamis, 10 November 2022 | 16:46 WIB

Benarkah Ferdy Sambo Miliki Rp900 Miliar?

Minggu, 21 Agustus 2022 | 13:45 WIB

Terpopuler

X