• Minggu, 29 Januari 2023

Kasus Suap Kampus Unila berlanjut, KPK panggil Bupati Lampung Barat

- Rabu, 7 Desember 2022 | 13:18 WIB
Kantor KPK RI
Kantor KPK RI

PORTALREPUBLIK.COM - Kasus suap penerimaan mahasiswa baru di Universitas Lampung (Unila), terus berlanjut.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan pemanggilan terhadap saksi-saksi untuk kasus yang menyeret Rekrot nonaktif Unila, Karomani.

Terbaru, KPK melakukan pemanggilan terhadap Bupati Lampung Barat, Parosis Mabsus.

Parosil Mabsus dipanggil dalam kapasitasnya sebagai saksi, dan dia dipanggil bersamaan dengan dua saksi lainnya.

Kedua saksi lain yang diperiksa KPK, Rabu 7 Desember 2022 ialah Bustomy selaku pegawai negeri sipil (PNS) dan anggota DPR RI Aryanto Munawar.

"Hari ini, pemeriksaan saksi untuk tersangka KRM (Karomani) dan kawan-kawan. Pemeriksaan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya.

Hingga kini, KPK total menetapkan empat tersangka yang terdiri atas tiga orang penerima suap, yakni Karomani, Wakil Rektor I Bidang Akademik Unila Heryandi, dan Ketua Senat Unila Muhammad Basri; serta seorang tersangka pemberi suap Andi Desfiandi selaku pihak swastas yang sudah berstatus terdakwa.

Dalam konstruksi perkara, KPK menjelaskan Karomani, yang menjabat sebagai Rektor Unila periode 2020-2024, memiliki wewenang terkait dengan mekanisme Seleksi Mandiri Masuk Universitas Lampung (Simanila) Tahun Akademik 2022.

Selama proses Simanila berjalan, KPK menduga Karomani aktif terlibat langsung dalam menentukan kelulusan, dengan memerintahkan Heryandi, Kepala Biro Perencanaan dan Humas Unila Budi Sutomo, dan Basri untuk menyeleksi secara personal terkait kesanggupan orang tua calon mahasiswa.

Halaman:

Editor: Mendhy E Paputungan

Sumber: Antaranews

Tags

Terkini

KPK Geledah Kantor DPRD Jatim dan Bawa Pulang 3 Koper

Selasa, 20 Desember 2022 | 08:08 WIB

Lanjutan kasus Lukas Enembe, KPK sita emas batangan

Kamis, 10 November 2022 | 16:46 WIB

Benarkah Ferdy Sambo Miliki Rp900 Miliar?

Minggu, 21 Agustus 2022 | 13:45 WIB

Terpopuler

X