• Senin, 15 Agustus 2022

Perbaiki Pola Tidur agar Tidak Mengalami Kondisi ini

- Jumat, 4 Februari 2022 | 15:14 WIB
Kurang Tidur (Foto PortalRepublik/Pixabay)
Kurang Tidur (Foto PortalRepublik/Pixabay)
 
PORTAL REPUBLIK - Seperti yang diketahui, tidur adalah suatu kebutuhan bagi setiap orang. Pada saat tidur, tubuh akan memperbaiki diri, baik secara fisik maupun mental, sehingga kita merasa segar dan berenergi saat bangun.
 
Biasanya, stres dan pola hidup tidak sehat sering kali menjadi penyebab seseorang kurang tidur. Tubuh sendiri umumnya membutuhkan tidur berkualitas selama 7–9 jam setiap harinya.
 
Bila dibiarkan, kurang tidur dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Berikut diantaranya.
 
1. Mudah sakit
     Sikotin adalah protein yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh. Protein ini dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi, peradangan, dan stres. Jika seseorang kurang tidur, produksi protein ini pun akan berkurang sehingga kemampuan sel imun dalam melawan infeksi akan menurun dan menghambat proses penyembuhan.
 
2.  Menurunnya daya ingat
      Jika waktu tidur terganggu, kemampuan otak dalam mengolah dan menyimpan ingatan pun akan mengalami gangguan. Kurang tidur dapat mengakibatkan penurunan kemampuan otak untuk berpikir dan mengolah informasi.
 
3. Tanda penuaan dini
     Kurang tidur dapat memicu munculnya berbagai tanda penuaan dini, seperti keriput, garis halus, atau kerutan di sekitar mata. Tidak hanya itu, kurang tidur dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat. 
 
4. Insomnia
     Insomnia adalah suatu kondisi yang menyebabkan seseorang susah tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Bila dibiarkan tanpa penanganan, insomnia dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, baik berupa gangguan irama jantung (aritmia), gagal jantung, maupun serangan jantung.
 
Kurang tidur juga dapat menjadi pemicu kecelakaan lalu lintas, serta menyebabkan sakit kepala. Oleh karena itu, dampak kurang tidur bagi kesehatan dan keselamatan tidak bisa dianggap sepele. ***
 
 
 

Editor: Ilham N. Karim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X