• Senin, 15 Agustus 2022

Hindari ! Makanan dan minuman ini Bisa Menyebabkan Dehidrasi

- Kamis, 27 Januari 2022 | 20:22 WIB
Penyebab Dehirdrasi (Foto PortalRepublik/Pixabay)
Penyebab Dehirdrasi (Foto PortalRepublik/Pixabay)
 
PORTAL REPUBLIK - Dehidrasi juga bisa disebabkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. 
 
Tidak hanya membuat haus, berbagai jenis makanan dan minuman tersebut juga dapat mendorong seringnya buang air kecil.
 
Jenis makanan dan minuman tersebut mengandung zat yang dapat merangsang kandung kemih menjadi lebih aktif, sehingga akan lebih sering buang air kecil. Buang air kecil yang terlalu sering juga bisa menjadi risiko dehidrasi ringan.
 
Berikut beberapa makanan dan minuman penyebab dehidrasi yang sebaiknya dikurangi jumlah konsumsinya.
 
1. Minuman ringan
    Umumnya, makanan dan minuman dalam kemasan ditambahkan pemanis buatan yang apabila dikonsumsi berlebihan dapat membuat jumlah kadar gula dalam darah akan meningkat. Kadar gula yang berlebih dapat memicu keinginan untuk buang air kecil lebih sering dan meningkatnya risiko dehidrasi.
 
2. Makanan ringan
    Umumnya, makanan ringan, seperti kentang goreng, keripik kentang, dan aneka jenis gorengan mengandung banyak garam atau natrium. Asupan garam yang tinggi ini bisa menyebabkan produksi urine meningkat dan membuat lebih sering buang air kecil, sehingga risiko dehidrasi meningkat.
 
3. Kafein
    Makanan dan minuman seperti kopi, teh, dan cokelat mengandung kafein. Zat ini diketahui memiliki efek stimulan dan diuretik yang bisa memicu kandung kemih lebih aktif, sehingga akan lebih sering buang air kecil ketika mengonsumsinya. Dan dapat memicu dehidrasi
 
4. Makanan pedas
    Mengonsumsi makanan pedas, seperti cabe, jahe, wasabi, dan bumbu kari, dapat menyebabkan iritasi pada kandung kemih sehingga membuat lebih sering buang air kecil dan meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi.
 
5. Buah-buahan
    Beragam buah-buahan memiliki aneka nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Namun, beberapa jenis buah, misalnya anggur, jeruk, lemon, tomat, dan nanas, memiliki kandungan asam sitrat yang tinggi.
Buah-buahan yang asam tersebut dapat merangsang saluran kemih menjadi lebih aktif untuk mengeluarkan urine, sehingga membuat buang air kecil lebih sering. Hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi.
 
Jenis makanan dan minuman di atas dapat meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi apabila dikonsumsi secara berlebihan. Untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi, cukupilah kebutuhan cairan tubuh, yaitu dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya. ***
 
 
 

Editor: Ilham N. Karim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X