• Senin, 15 Agustus 2022

Ingin Pertemanan yang Sehat, Simak Ciri Teman Toxic yang Perlu Dihindari

- Jumat, 21 Januari 2022 | 13:17 WIB
Teman Toxic (Foto PortalRepublik/Pixabay)
Teman Toxic (Foto PortalRepublik/Pixabay)
 
PORTAL REPUBLIK - Siapa yang tidak ingin memiliki pertemenan yang sehat. Selain menguntungkan kedua pihak, pertemanan yang sehat juga tidak mengandung banyak sumber permasalahan didalamnya.
 
Pertemanan yang sehat dan positif dapat membawa beragam manfaat bagi kehidupan sehari-hari, mulai dari mendapat dukungan emosional, mencegah rasa kesepian, dan membuat seseorang merasa lebih bahagia.
 
Namun, tidak jarang seseorang terjebak dalam lingkaran pertemanan yang toxic. Tentu dapat membawa dampak yang negatif pula pada kehidupan bahkan merugikan, dan dapat menurunkan self-esteem, bahkan memicu stres berlebih. 
 
Perlu diketahui ciri teman toxic yang harus dihindari agar tercipta pertemanan yang sehat dan tidak merugikan pihak manapun, berikut diantaranya.
 
1. Egois
    Memiliki teman yang egois memang sangat merugikan. Pasalnya, ia lebih cenderung memikirkan dirinya sendiri dibanding perasaan orang lain. Teman toxic yang satu ini biasanya selalu mengharapkan orang lain untuk memprioritaskan dirinya, dan tidak jarang hal inilah yang sering memicu keributan didalam pertemanan.
 
2. Suka bergosip
    Perlu berhati-hati jika memiliki teman yang suka bergosip. Hindari bercerita tentang kehidupan pribadi terlalu banyak padanya. Pasalnya, teman toxic yang satu ini bisa dengan mudah menceritakan kehidupan orang lain dan tidak menutup kemungkinan ia akan menceritakan juga pada orang lain  tentang kehidupan teman dekatnya. 
 
3. Suka memanfaatkan
     Teman toxic yang satu ini sedang marak ditemukan dalam lingkungan pertemanan. Teman toxic tipe ini umumnya menjalin pertemanan hanya sekadar mencari keuntungan guna memenuhi tujuannya. Namun, setelah tujuannya terpenuhi, teman yang hanya suka memanfaatkan ini akan menghilang, meski kamu mungkin sedang membutuhkannya.
 
4. Suka mengeluh
    Umumnya, teman toxic ini tidak pernah puas dengan apa pun yang dimilikinya. Akibatnya, ia akan selalu mengeluhkan mengenai tidak adilnya dunia ini baginya. Mereka cenderung melihat segala sesuatu dengan cara pandang yang negatif
 
5. Senang berkomentar 
    Biasanya, teman toxic yang satu ini bisa dengan mudah dikenali dari kebiasaanya dalam mengomentari atau mengkritik segala hal yang ada di dalam hidup orang lain, mulai dari prestasi, hobi, atau cara berpakaianmu. Kritik atau komentarnya tersebut ia sampaikan dalam bentuk candaan yang menyinggung.
 
Jika bertemu atau bahkan berada dalam lingkarang pertemanan yang toxic, sebaiknya beri jarak antara satu sama lain secara emosional. Hindari terlalu peduli dengan kehidupannya, terlebih jika sudah memberi peringatan, tetapi ia tetap tidak menunjukkan perubahan sikap. ***
 
 

Editor: Ilham N. Karim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X