• Senin, 15 Agustus 2022

Punya Masalah Berat Badan yang Berlebih, Simak Bahayanya bagi Kesehatan

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 16:05 WIB
Berat Badan Ideal (Foto PortalRepublik/Pixabay)
Berat Badan Ideal (Foto PortalRepublik/Pixabay)

PORTAL REPUBLIK – Badan yang terlalu gemuk tentunya cukup mengganggu. Tidak hanya menurunkan tingkat kepercayaan diri, berat badan berlebih atau obesitas juga bisa membuat seseorang sulit beraktivitas.

Penyebab obesitas sendiri beragam, mulai dari faktor genetik hingga pola makan tidak sehat, seperti stress eating. Keluhan pertama yang mungkin dirasakan adalah mudah mengalami kelelahan.

Pasalnya, beban tubuh yang harus dibawa orang bertubuh gemuk pasti lebih besar, sehingga tubuhnya dipaksa bekerja lebih keras ketika sedang beraktivitas.

Tidak hanya mudah mengalami kelelahan, orang yang memiliki badan terlalu gemuk juga rentan terkena penyakit berbahaya, berikut diantaranya.

  1. Sulit bernapas

Obesitas menyebabkan penumpukan lemak di tubuh yang dapat menurunkan kinerja paru-paru, sehingga kemampuannya dalam mengambil udara untuk bernapas juga bisa terganggu. Hal ini pada akhirnya bisa menyebabkan cepat kehabisan napas saat melakukan aktivitas-aktivitas sederhana.

 

  1. Diabetes tipe 2

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat menyebabkan resitensi insulin, sehingga membuat kadar gula dalam darah meningkat. Jika ini sampai terjadi, seseorang bisa berisiko untuk terkena peyakit diabetes tipe 2.

 

  1. Depresi

Obesitas juga bisa membuat seseorang mengalami depresi. Pasalnya, orang yang memiliki tubuh terlalu gemuk mungkin untuk mengalami diskriminasi atau perundungan (bullying) karena badannya yang besar. Yang kemudian bisa menimbulkan perasaan sedih dan tidak percaya diri, sehingga meningkatkan risiko depresi.

Halaman:

Editor: Ilham N. Karim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X