• Selasa, 17 Mei 2022

Jarang Diketahui, ini Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 20:20 WIB
Kunyit (PortalRepublik/Pixabay)
Kunyit (PortalRepublik/Pixabay)

PORTAL REPUBLIK – Bukan sekedar bumbu dapur, manfaat kunyit tak hanya untuk melezatkan masakan, tetapi juga baik untuk kesehatan.

Kunyit juga telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional. Hal ini karena kandungan kurkumin yang terdapat pada rimpang kunyit. Selain memberi warna pada kunyit, kurkumin juga diduga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kunyit juga mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Penting! Ketahui Tanda Playing Victim dan Apa Penyebabnya, Jangan Sampai Kamu Mengalaminya

Berikut beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan yang masih jarang diketahui.

1. Mencegah penyakit jantung

Kunyit diketahui dapat mencegah penyakit jantung karena mengandung kurkumin yang mampu meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah.

Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. Namun, manfaat tersebut masih perlu penelitian lebih lanjut.

2. Mengatasi gangguan saluran pencernaan

Kunyit mengandung kurkumin yang efektif dalam mengatasi berbagai gangguan saluran pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), dispepsia, tukak lambung, dan pankreatitis.

Halaman:

Editor: R Maulana Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perbaiki Pola Tidur agar Tidak Mengalami Kondisi ini

Jumat, 4 Februari 2022 | 15:14 WIB

Terpopuler

X