• Jumat, 21 Januari 2022

Pentingnya Meminum Air Putih, yang Ternyata Memiliki Segudang Manfaat

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 10:40 WIB
Ilustrasi Meminum Air Putih (Pinterest)
Ilustrasi Meminum Air Putih (Pinterest)

PORTAL REPUBLIK - Bagi sebagian orang menganggap remeh meminum air putih, sering meminum air putih itu baik untuk kesehatan tubuh, tidak hanya untuk kesehatan ginjal  saja, kesehatan otakpun bisa kita dapatkan.

Meminum air putih saat bangun tidur terbukti merupakan metode yang ampuh dalam menjaga kebugaran dan kesehatan. Bahkan jauh sebelum hal ini menjadi trend, masyarakat Jepang telah terbiasa dengan hal ini, dimana mereka senantiasa rutin minum di pagi hari.

Apalagi manfaat yang akan kita dapatkan ketika memutuskan rutin minum disetiap pagi tidak tanggung-tanggung, diantaranya ialah dapat mengencangkan kulit, terhindardari diabetes dan obesitas, mengobati penyakit mata, kelain tubuh serta masih banyak lagi.

Kita semua sudah tahu mengonsumsi air putih dalam sehari sekurang-kurangnya adalah 8-9 gelas atau setara dengan 2 liter, sementara untuk wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter per hari dan wanita menyusui 3 liter per hari.

Baca Juga: Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh, Bisa untuk Perawatan Wajah

Dengan tercukupinya meminum air putih, tubuh dapat menjalankan dengan fungsinya. Kira-kira apa manfaat meminum air putih yang cukup untuk kesehatan?  Simak beberapa manfaat air putih bai tubuh:

1. Meningkatkan Metabolisme                                                           

Minum air putih dalam keadaan perut kosong dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Peningkatan metabolisme menjadi sangat penting bagi mereka yang sedang menerapkan diet ketat. Dengan meningkatkan metabolisme, itu artinya sistem pencernaan menjadi lebih baik.

2. Mendorong Fungsi Otak                                                                       

Sebuah penelitian  dalam British Journal of Nutrition, para ahli menemukan bahwa minum air yang cukup dapat meningkatkan kemampuan berkonsentrasi serta mendorong daya ingat.

Beberapa studi lainnya bahkan membuktikan bahwa minum air putih juga dapat membantu memperbaiki suasana hati (mood).

Melansir Healthline, bahwa bahkan dehidrasi ringan, seperti kehilangan 1-3% dari berat badan, dapat merusak banyak aspek fungsi otak.

Baca Juga: Tak Hanya Lezat, Berikut Manfaat Yoghurt Bagi Tubuh

Baca Juga: Manfaat Wedang Uwuh untuk Kesehatan Semua Kalangan

3. Membantu menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Malam hari adalah dimana tubuh memperbaiki diri serta mengeluarkan semua racun yang ada di dalamnya. Ketika meminum air di pagi hari dalam keadaan perut kosong, artinya racun dalam tubuh dibersihkan dengan air tersebut.

4. Mencegah Kenaikan Berat Badan

Saat meminum air putih di pagi hari, hal tersebut secara tidak langsung dapat mencegah kenaikan berat badan. Sebab dengan minum di pagi rasa lapar dan hasrat ingin makan akan sedikit berkurang.

5. Mencegah Hangover

Salah satu manfaat air putih adalah mencegah hangover. Peminum alkohol tentunya tahu ketidaknyamanan yang timbul kala bangun keesokan hari akibat minum minuman beralkohol di malam sebelumnya, alias hangover.

Alkohol bersifat diuretik sehingga membuat Anda kehilangan cairan lebih banyak. Ini bisa berujung pada dehidrasi. Meskipun dehidrasi bukanlah penyebab utama hangover, kondisi ini memunculkan gejala seperti haus, kelelahan, sakit kepala, dan mulut kering.

Baca Juga: Tak Usah Diragukan Lagi, Begini Segudang Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit

6. Membantu Penyerapan Nutrisi

Tak hanya untuk menjaga kesehatan saluran cerna saja, manfaat air putih juga bisa untuk membantu penyerapan nutrisi. Dalam proses pemecahan makanan, air dapat membantu pemisahan vitamin, mineral, dan nutrisi lain dari makan untuk kemudian dikirimkan ke seluruh tubuh.
 
Banyak sekali bukan manfaat meminum air putih, meski terkesan sepele tapi memiliki segudang manfaat bagi tubuh, Oleh karenanya pastikan Anda meminum air putih yang cukup. Semoga bermanfaat!***

Editor: Sarno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X