• Selasa, 17 Mei 2022

Ternyata Bukan Gertak Sambal, Jokowi Resmi Cabut 2.078 Izin Tambang di Indonesia

- Kamis, 6 Januari 2022 | 15:55 WIB
Presiden Jokowi  (Foto: PortalRepublik/Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (Foto: PortalRepublik/Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

PORTAL REPUBLIK - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mencabut dua sebanyak 2.078 Izin Usaha Pertambangan (IUP) mineral dan batu bara. pencabutan IUP tersebut lantaran tidak pernah menyampaikan rencana kerja yyang jelas.

Tak hanya itu, pencabutan ini juga karena pengusahan tambang tak mematuhi aturan pemenuhan pasokan batu bara untuk kepentingan dalam negeri (Domestic Market Obligation/ DMO).

"Hari ini sebanyak 2.078 izin perusahaan pertambangan minerba kita cabut karena tidak pernah sampaikan rencana kerja, izin yang sudah bertahun-tahun diberikan tapi tidak dikerjakan dan ini sebabkan tersanderanya pemanfaatan SDA untuk tingkatkan kesejahteraan rakyat," kata Jokowi, Kamis, 6 Januari 2021.

Baca Juga: Dear Anak Kos, Intip Nih Cara Mengatur Keuangan Biar Gak Boros

Jokowi menegaskan, pemerintah terus memperbaiki tata kelola sumber daya alam agar pemerataan, transparan, dan adil untuk mengoreksi ketimpangan ketidakadilan dan kerusakan alam.

"Izin-izin pertambangan kehutanan dan juga penggunaan lahan negara terus dievaluasi secara menyeluruh. Izin yang tidak dijalankan, tidak produktif, dialihkan ke pihak lain dan tidak sesuai peruntukkan dan peraturan kita cabut," tandasnya.

Baca Juga: Doa Agar Terhindar Dari Fitnah Dajjal, Baca Diakhir Sholat

Jokowi mengancam untuk mencabut tak hanya izin ekspor, namun juga Izin Usaha Pertambangan (IUP) bagi perusahaan batu bara yang tidak menjalankan pemenuhan kewajiban pasokan batu bara di dalam negeri (Domestic Market Obligation/ DMO), menyusul kondisi kritisnya pasokan batu bara untuk pembangkit listrik PT PLN (Persero).

Jokowi menegaskan, perusahaan tambang wajib memenuhi aturan DMO, khususnya untuk pembangkit listrik PT PLN (Persero). Menurutnya, ini hal mutlak dan tak bisa ditawar.

Baca Juga: Doa Lengkap Agar Selalu Dalam Lindungan Allah SWT dan Terjemahannya

Halaman:

Editor: Muhammad Afditya

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Terkini, Selasa 30 November 2021

Selasa, 30 November 2021 | 16:05 WIB

Terpopuler

X