• Jumat, 21 Januari 2022

Apa Itu Slik OJK dan Cara Cek Status BI Checking Secara Online di Situs OJK 

- Minggu, 28 November 2021 | 16:16 WIB
Otoritas jasa keuangan (Foto:PortalRepublik/ojk.go.id)
Otoritas jasa keuangan (Foto:PortalRepublik/ojk.go.id)

PORTAL REPUBLIK- Orang yang terbiasa dengan kredit bank, tentu sudah familiar dengan namanya BI checking. Karena BI checking itu hal paling utama untuk menentukan persetujuan lolos atau tidaknya orang itu untuk mengajukan kredit melalui bank. 

Dilansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BI Checking adalah informasi yang berisi riwayat kredit untuk mengukur lancar atau tidaknya seorang nasabah dalam pembayaran kredit. 

Jika seseorang ditolak oleh Bank ketika mengajukan pinjaman atau kredit, kemungkinan riwayat kolektabilitas nasabah di Sistem Informasi Debitur (SID) tersebut buruk atau masuk daftar hitam. 

Sebelumnya apa itu SLIK? SLIK adalah catatan informasi terkait riwayat debitur bank dan lembaga keuangan lainnya, dalam hal ini terutama informasi mengenai lancar atau tidaknya pembayaran kredit.  

Baca Juga: Izin Usaha Ovo Finance Dicabut OJK, Begini Penjelasannya

Sederhananya, SILK digunakan oleh bank dan lembaga keuangan untuk memperoleh informasi riwayat kredit calon debiturnya yang akan dijadikan pertimbangan apakah debitur tersebut layak mendapatkan kredit.  

Sebagaimana saat masih bernama BI checking, SLIK adalah momok yang paling menakutkan bagi beberapa debitur perbankan. Ini karena bank akan cenderung akan menolak pengajuan kredit yang diajukan debitur jika memiliki catatan riwayat kredit yang buruk. 

Berikut kegunaan SLIK OJK untuk calon debitur

Untuk pengusaha UMKM, dapat akses pemberi pinjaman lebih luas. Tak hanya dari pihak perbankan, tapi juga koperasi simpan pinjam yang telah diverifikasi oleh OJK. 

Selain itu, SLIK juga mampu memberikan informasi terkait status agunan dan juga rincian penjamin pinjam kredit kilat. 

Halaman:

Editor: Sarno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Terkini, Selasa 30 November 2021

Selasa, 30 November 2021 | 16:05 WIB
X