• Jumat, 21 Januari 2022

Buruan Ganti Kartu ATM BCA Magnetic Strip ke Chip, 30 November Batas Terakhir, Simak Jadwal Bank Lainnya 

- Minggu, 14 November 2021 | 19:48 WIB
Ilustrasi Kartu ATM (Foto:PortalRepublik/pexels)
Ilustrasi Kartu ATM (Foto:PortalRepublik/pexels)

PORTALREPUBLIK- Nasabah Bank Central Asia Tbk. Mengimbau untuk menganti kartu debit magnetic stripe ke kartu debit chip sebelum 30 Desember 2021. 

Sesuai dengan instruksi Bank Indonesia (BI) bahwa nasabah wajib melakukan penggantian kartu ATM/Debit non Chip ke kartu Chip maksimal pada 30 November 2021. Aturan ini efektif per 1 Desember 2021. 

Pada Surat Edaran (SE) Bank Indonesia (BI) Nomor 17/52/DKSP yang dikeluarkan tanggal 30 Desember 2015 tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang diterbitkan di Indonesia.  

Berdasarkan aturan tersebut, pembatasan penggunaan teknologi magnetic stripe untuk kartu ATM atau kartu debit dilaksanakan paling lambat 31 Desember 2021. Sementara itu, per tanggal 1 Januari 2022 setiap kartu ATM baru yang diterbitkan harus menggunakan chip

BcaBaca Juga: Nasabah Diminta Ganti Kartu BCA Stripe Menjadi Chip, Begini Alasannya

Dalam pelaksanaannya, tiap bank memiliki jadwal pemblokiran yang berbeda-beda. Penggantian ini merupakan ketentuan yang ditetapkan Bank Indonesia dan wajib diikuti nasabah bank. 

Dilansir dari halaman resmi bank masing-masing. Berikut jadwal pemblokiran kartu ATM atau debit dengan teknologi magnetic stripe. 

1. Bank Mandiri  

Telah dilakukan pemblokiran kartu ATM magnetik dalam tiga tahap, pada April, Juni, dan Juli 2021. Yang berarti, kartu debit atau ATM berbasis magnetik tidak bisa lagi digunakan untuk sejumlah transaksi. 

Baca Juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja Program ODP, Berikut Syaratnya

Halaman:

Editor: Sarno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Terkini, Selasa 30 November 2021

Selasa, 30 November 2021 | 16:05 WIB
X