• Sabtu, 2 Juli 2022

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Siapkan Beasiswa bagi Dosen di Sumsel

- Rabu, 22 Desember 2021 | 16:10 WIB
Program beasiswa (Foto: Pixabay)
Program beasiswa (Foto: Pixabay)

PORTAL REPUBLIK - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) akan membuka program beasiswa bagi para dosen di perguruan tinggi. Hal itu disampaikan Gubernur Sumsel, Herman Deru, di OKU Timur, Selasa, 22 Desember 2022.

Pemprov Sumsel siapkan beasiswa karena dosen-dosen, khususnya usia 50 tahun ke atas punya banyak kebutuhan, ekonominya terbagi-bagi. Pemda akan meminta L2DIKTI menyeleksi dan Pemprov Sumsel yang akan biayai pendidikan dosen-dosen ini.

“Kondisi saat ini ada sekitar 10.000 dosen namun hanya 26 saja yang merupakan Guru Besar, sehingga akan dibantu dengan program beasiswa,” ucap Herman Deru.

Deru menyebut, begitu juga dosen yang sudah bergelar Doktor baru berkisar 8% dari total dosen yang ada. Sehingga akan dicari kendala utama serta solusi terhadap dosen ini sebagai wujud apresiasi pemerintah.

Di era digital yang berkembang pesat, Gubernur Sumsel menyebut peran manusia akan semakin berkurang, sehingga hal itu tak ada jalan lain bagi SDM-SDM untuk meningkatkan pendidikan.

Deru membeberkan, pendidikan memiliki peran yang strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing global. Pemprov Sumsel akan terus memberikan perhatian kepada perguruan tinggi di Sumsel.

Selain itu, pihaknya akan terus memberikan perhatian yang besar pada pembangunan pendidikan karena pendidikan adalah kunci dalam pembangunan bangsa serta berperan penting dalam transformasi sosial, yang mempengaruhi juga mempengaruhi masyarakat.

Sementara itu Ketua L2 DIKTI Wilayah II, Prof Yuliansyah membenarkan rencana pemberian beasiswa gratis bagi para dosen PTS di Sumsel oleh Pemprov Sumsel.

Menurutnya, Gubernur Sumsel telah meminta L2 DIKTI untuk mengkoordinir ini karena banyak dosen yang ingin menempuh pendidikan S3 namun terkendala biaya.

Halaman:

Editor: Ilham N. Karim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X