• Rabu, 7 Desember 2022

Qatar dan Jerman bersitegang jelang Piala Dunia 2022 gara-gara isu HAM

- Jumat, 18 November 2022 | 15:09 WIB
Qatar dan Jerman bersitegang jelang Piala Dunia 2022
Qatar dan Jerman bersitegang jelang Piala Dunia 2022

PORTALREPUBLIK.COM - Sentilan Jerman tentang terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 membuat negara para emir tersebut meradang.

Beberapa waktu lalu Jerman melalui Menteri Dalam Negeri Nancy Faeser mengatakan, catatan hak asasi manusia suatu negara harus menjadi pertimbangan untuk apakah mereka pantas terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia.

Menanggapinya, Qatar melalui Menteri luar negeri, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani, menuding Jerman "berstandar ganda" terkait kritikan mereka.

Al-Thani bahkan mendukung dilakukannya pemanggilan duta besar Jerman.

"Di satu sisi, warga Jerman mendapat informasi yang salah dari para politisi pemerintah; di sisi lain, pemerintah tidak memiliki masalah dengan kami dalam hal kemitraan energi atau investasi," kata Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani

Qatar telah menghadapi kritik keras dari kelompok hak asasi manusia atas perlakuannya terhadap pekerja migran, yang bersama dengan orang asing lainnya merupakan bagian terbesar dari populasi negara itu.

Kementerian luar negeri Qatar kemudian melakukan pemanggilan terhadap duta besar Jerman.

"Kami kesal dengan standar ganda," katanya, seraya menambahkan bahwa Qatar telah menghadapi suatu kampanye penentangan sistemik dalam 12 tahun sejak terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia yang menurutnya tidak pernah dihadapi negara lain.

"Sungguh ironis ketika anggapan ini melanda negara-negara di Eropa yang menyebut diri mereka demokrasi liberal. Kedengarannya sangat arogan, terus terang, dan sangat rasis," katanya.

Halaman:

Editor: Mendhy E Paputungan

Tags

Terkini

Grup H Piala Dunia 2022, Uruguay menang tapi kalah

Sabtu, 3 Desember 2022 | 06:37 WIB
X